hpn2020
Senin, 03 Jun 2019 11:16

Bupati Poso Terus Menuai Kritik Dan Kecaman

Nilai butir ini
(0 pemilihan)

foto Ketua persatuan Wartawan Morowali Utara,Rudi Andi Mairi Morut,

 

lensaangkasanews.com -- langkah hukum Bupati Poso melaporkan harian Nuansa Pos ke Polda Sulteng terkait pemberitaan dugaan selingkuh dirinya dengan seorang wanita ASN lingkup Pemda Poso terus menuai kritik dan kecaman dari insan pers di Sulawesi Tengah.

Kali ini kritik dan kecaman disampaikan Rudi Andi Mairi Ketua Persatuan Wartawan Morowali Utara. "Bupati Poso (mungkin) buta terhadap UU Pers" tegas Rudi, sabtu (1/6).

Salah seorang wartawan senior sulteng itu mengatakan, kalo ada pemberitaan miring tentang dia, Bupati Darmin Sigilipu seharusnya melakukan upaya hak jawab, karena kalau langsung main lapor polisi, itu sama sekali tidak bijak.

Setiap media pers dalam pemberitaan tentu punya sumber akurat, termasuk dalam soal dugaan selingkuh Bupati Poso, sumber beritanya adalah pengakuan suami dari seorang wanita yg diduga selingkuhan Bupati Poso itu.

"Prinsipnya jangan karena lagi berkuasa, UU Pers diabaikan, dan cara seperti itu terkesan otoriter, " nilainya.

Dia juga menyatakan, pencermatannya, redaksi NP dalam memberitakan dugaan selingkuh Bupati Poso sudah uji akurasi dan sudah lakukan konfirmasi. Namun Bupati sendiri yang tidak mau membuka ruang konfirmasi.

"Kadang juga teman wartawan bermaksud melakukan konfirnasi, namun ada juga oknum pejabat yang tidak membuka ruang, " ujar Rudi.

Sesuai ketentuan UU Pers, siapapun yang menghalangi tugas pekerja pera itu ada sanksinya, dan Rudi sepakat kalau menghalangi pekerja pers dalam aktifitasnya itu merupakan kejahatan terhadap media pers dan pekerja pers.

Terkait adanya fenomena delik pera yang langsung dipidanakan, dia juga mengingatkan adanya MoU Polri dengan Dewan Pers.

"Pers itu alat kontrol yang menyuarakan demokrasi sekaligus terompet dalam NKRI serta wadah aspirasi rakyat, kalau pers terpasung oleh pejabat, mau dibawa kemana negeri ini?" kata Rudi.

Ditambahkan"Saya sedih apa yang dialami adik adik saya wartawan, mereka adalah pembawa suara demokrasi, kalo terpasung maka saya kuatir akan muncul pemerintahan yang otoriter, bahkan bisa menuju diktaktor, " nilainya.*** (IDP/NP)

Baca 1094 kali

Terpopuler Sulteng

© 2018 Lensaangkasa.com. All Rights Reserved.
Salin cuplikan kode