hpn2020
Lensaangkasa.com

Lensaangkasa.com

Tolitoli, lensaangkasanews.com - Beredarnya kartu Masadepan baru dari pasangan calon bupati dan wakil Bupati Tolitoli nomor 02 di tengah masyarakat di beberapa wilayah Kabupaten Tolitoli,menurut tim hukum pasangan calon (Paslon) nomor urut 3 merupakan dugaan pelanggaran pemilu kada.

 
Moh.Juanda sebagai ketua tim hukum dari Paslon nomor 3 Amran Hi.Yahya dan Moh.Besar Bantilan (Amanah Besar) dalam keterangan pers mengatakan,tim hukum telah loporkan Paslon Bupati Tolitoli Mohtar Deluma - Bakri Idrus (MDBI) ke Bawaslu Tolitoli pada hari senin 30/11 berkaitan dengan kartu Masa depan baru yang beredar di tengah masyarakat.
 
Menurut Juanda kartu masa depan baru tersebut terindikasi ada dugaan pelanggar Peraturan KPU (PKPU) nomor 11 tahun 2020,sebab kartu tersebut bukan bagian dari kelengkapa bahan kampanye.
 
Pengacara ini dengan tegas mengatakan,laporan kami bukan masalah isi dari program yang terterah pada kartu itu tetapi masalah beredarnya kartu tersebut merupakan dugaan pelanggaran PKPU nomor 11 tahun 2020 atas perubahan PKPU nomor 4 tahun 2017 kartu masa depan baru yang di luncurkan Paslon nomor 2 tidak masuk sebagai bahan kampanye yang sudah diisaratkan.
 
Laporan kita mempunyai beberapa dasar,selain dasar secara Yuridis kami juga mempunya dasar laporan saksi kami di Kecamatan Dondo,bahwa Panwas kecamatan Dondo menemukan kartu Masa depan baru beredar di Desa Tinabogan,Malomba,Lobuo dan Desa Bambapun dalam jumlah yang cukup banyak.
 
Hal itu kata juanda merupakan temuan kami dari tim hukum Amanah Besar.Menurut Juanda kami juga tanyakan ke Bawaslu Kabupaten Tolitoli tindak lanjut dari temuan yang ada di kecamatan Dondo,pihak Bawaslu mengatakan kami akan tindak lanjuti temuan tersebut sembari menindak lanjuti juga laporan kita.
 
Lanjut Juanda,secara syarat formil kita sudah melaporkan masalah ini,dan Pihak Bawaslu mengatakan berih waktu kami selama dua hari untuk mempelajari masalah ini,kemudian dalam waktu maksimal dua hari Bawaslu akan minta ke kita barang bukti dan alat bukti berupa saksi,kami sudah lengkapi semua barang bukti dan alat bukti yang di butuhkan.
 
Menurutnya kartu ini bukan cuma pelanggaran administratip seperti yang terjadi pada kartu Sulteng sejahtra yang di luncurkan oleh calon Gubernur Sulaewesi Tengah Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir ,tetapi ada dugaan pelanggaran pidana,karna saksi kami menemukan beberapa bukti kartu Masa Depan Baru,yang mana tim dari Paslos MDBI menjanjikan kepada penerima kartu, apabilah MDBI menang kartu ini bisa di tukar dengan uang jelas Juanda,di beberapa wilayah yang kami temukan berbeda jumlahnya,kalau di Pangi Rp 300 ribu di Dampal selatan Rp 1 juta ungkap ketua tim hukum Amanah besar Moh.Juanda.
 
Di tempat yang sama salah satu tim hukum Amanah Besar Irfan Siduppa mengatakan tim Amanah Besar tidak pernah rasa takut dengan kartu yang di luncurkan MDBI,sedangkan programnya kami tidak gentar apalagi cuma kartu.
 
Paslon 03 Amanah Besar menginginkan kompotisi berdemokrasi yang jujur dan sehat,tidak boleh melanggar perundang undangan yang ada.
 
Tim hukum lainnya Mansur Pondang mengatakan di pasal 71 itu di tekankan tentang bahan kampanye,kemudian sangsi pelanggaran penerapannya di pasal 78 unsur itu terpenuhi terkait dengan ada dugaan money politic.
 
Lebih jauh Mansur jelaskan apa yang kami temukan di lapangan tidak masuk sebagai bagian yang di pesyaratkan,maka itu menurut kajian kami hal ini sudah melanggar ketentuan dan perundang undangan khususnya PKPU nomor 11.
 
Kami tim hukum Amanah Besar mendesak Bawaslu harus tegas dalam mengabil keputusan apapun resikonya karena ini di lindungi undang-undang tegas Masur.***
 

Ramli P. Maksud

Kepala Desa Santigi kec.Tolut.Kab.Tolitoli

 
 
Mengucapkan
 
Dirgahayu Republik Indonesia Ke-75
 
Kamis, 13 Agustus 2020 08:12

Kepala Dinas Perdagangan Kab.Tolitoli

Yustiyanto Bantilan,S.Kom, M.Si
 Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tolitoli
 
Mengucapkan
Dirgahayu Republik Indonesia Ke-75
 
 
 
 
Kamis, 13 Agustus 2020 08:10

Kepala Dinas Perhubungan Kab.Tolitoli

Herry Octavia Mendur,S.STP

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tolitoli
 
Mengucapkan 
 
Dirgahayu Republik Indonesia Ke-75
 
Kamis, 13 Agustus 2020 08:02

Kepala Desa Aung

Nasrudin, Du

Kepala Desa Aung  dan Istri 

Mengucapkan

Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-75

 

 

 

Tolitoli, lensaangkasanewscom - Setelah terjadi kekosongan jabatan pada tingkat eselon II.b di Kabupaten Tolitoli,maka Pemerintah Daerah melakukan seleksi jabatan terbuka untuk mengisih beberapa jabatan yang kosong.

Kepala bagian Prokopim setdakab Tolitoli Arham A Jakub mengatakan lewat rilisnya,Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli kembali akan melakukan Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) setingkat Eselon II.b yang tahapannya akan dimulai pada tangal 24 Juli 2020. 

Hal itu menurut Arham tertuang dalam pengumuman Nomor : 800/04.07/Pansel/2020 tertanggal 23 Juli 2020 yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si selaku Ketua Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Tolitol.

Ia juga menyampaikan,Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli yang akan diisi melalui seleksi terbuka ini masing-masing Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Dinas Transmigrasi, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Kepala Dinas Kesehatan serta Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan.

Sejumlah persyaratan harus dipenuhi oleh calon pelamar selain berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil juga beberapa syarat lain di antaranya sekurang-kurangnya berpangkat Pembina Golongan Ruang IV/a, sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator Eselon III.a paling singkat 2 Tahun atau Jabatan Administrator Eselon III.b paling singkat 3 tahun dan Jabatan Fungsional jenjang Ahli Madya paling singkat 2 tahun, berusia setinggi-tingginya 56 Tahun 0 Hari, kualifikasi pendidikan minimal sarjana strata-1 (S1) atau Diploma IV (D.IV), telah lulus Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat III (Diklat PIM Tk.III) dan diutamakan telah mengikuti Diklat PIM TK.II. jelas Arham.

Pengumuman tentang Seleksi terbuka ini menurutnya dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli setelah menerima surat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri Nomor : 800/3222/OTDA tanggal 23 Juni 2020 perihal persetujuan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tolitoli.

Panitia seleksi akan melakukan tes kompetensi terhadap seluruh peserta yang memenuhi persyaratan administrasi dengan tahapan kompetensi manajerial dengan menggunakan metode assesment center dan/atau wawancara, kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan jabatan yang diisi dengan menggunakan metode tertulis dan/atau wawancara serta kompetensi sosial kultural yang diisi dengan menggunakan metode tertulis dan/atau wawancara.

Rencananya Assesmen Kompetensi akan dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus sampai dengan 8 Agustus 2020, penulisan makalah akan dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2020, penetapan 3 besar hasil seleksi tanggal 14 Agustus 2020 dan Penyampaian Hasil Penilaian Kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Kabupaten Tolitoli pada tanggal 21 Agustus 2020.

Foto : ketua gugus tugas percepatan penanganan  Covid-19 Kabupaten Tolitoli Arham A.Jakub

 

Tolitoli, lensaangkasanews.com - Berdsasarkan hasil penelitian terhadap 8 (delapan) sampel swab di Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah yang dikirim oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli pada tanggal 16 Juli 2020 seluruhnya terkonfirmasi _*Negatif*_, termasuk di antaranya hasil swab dari 3 (tiga) orang pasien positif yang diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Mokopido Tolitoli.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Arham A.Jakub mengatakan,Ke tiga orang pasien positif Covid-19 yang telah di nyatakan negatif dan sudah di pulangkan yakni 1.Nurjannah (Pr 48 Thn); 2.Uzair Atjong (Lk 46 Thn); dan 3.Syafiah Azzahrah (Pr 8 Thn).

Dengan demikian kata Arham,pada hari ini, Rabu, 22 Juli 2020, Kabupaten Tolitoli telah dinyatakan _Nihil Covid-19_*. 

Kepada seluruh kerabat, sahabat serta warga di sekitar lingkungan sosialnya diharapkan dapat menerima ke 3 (tiga) orang yang telah dinyatakan sembuh tersebut sebagaimana mestinya untuk berinteraksi seperti biasa tegas Arham.

Ia mengatakan,meskipun sudah tidak ada lagi kasus suspek Covid-19 di Kabupaten Tolitoli, namun tidak tertutup kemungkinan ada kasus impor yang dibawa oleh orang-orang dari daerah lain yang masuk ke daerah kita.

Arham juga menjelaskan,kita semua sangat berpotensi untuk tertular. Virus Corona dapat bertransmisi melalui udara sehingga kita tidak bisa menebak arah pergerakan virus corona tersebut dan penularannya dapat terjadi tidak hanya dari orang yang sudah diketahui terinfeksi, tetapi juga dari orang yang tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Olehnya itu Arham menghimbau agar seluruh masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Gunakan masker bila berada di luar rumah dan membatasi jarak fisik bila berada dalam kerumunan serta rajin mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir tegas Arham.***(V.Heidemans)

Tolitoli, lensaangkasanews.com - M.Rizki Alahajj resmi jabat ketua umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Pelajar Mahasiswa Tolitoli (PERPIT) periode 2020 - 2022. kepastian itu didapat setelah terpilih secara aklamasi pada kongres ke - 4 yang di gelar senin (20/7 2020) di Aual KNPI Tolitoli.

Kongres PERPIT ke -4 yang di hadiri oleh 7 delegasi di setiap cabang PERPIT diantaranya delegasi dari PERPIT Palu, Makassar, Manado, Malang, Jogjakarta, Jakarta dan Gorontalo, sempat berlangsung sengit, pasalnya poros dari PERPIT Jawa wolk out, namun setelah dilanjutakan sidang pleno akhirnya M.Riski Alhajj terpilih secara aklamasi.

Setelah dilakukan penetapan ketua terpilih, agenda dilanjutkan dengan serah terima jabatan secara simbolik, dari ketua umum demisioner Angga Budiman Lahaleke kepada M. Rizki Alhajj yang merupakan perwakilan Perpit cabang Gorontalo.

Ketua terpilih M Rizki Alhajj kepada media ini mengatakan PERPIT ini merupakan wadah bagi seluruh pelajar dan mahasiwa Tolitoli tersebar di seluruh Indonesia, dan saat ini PERPIT memiliki 7 cabang Palu, Makassar, Manado, Malang, Jakarta, Jogja, dan Gorontalo." Perpit ini merupakan sebuah wadah bagi seluruh pelajar dan mahasisiwa yang tersebar di seluruh Indonesia, dan selama ini baru 7 cabang PERPIT yang terbentuk, dan kedepannya akan membentuk PERPIT yang ada di daerah lain," pungkasnya.

Dengan terpilihnya sebagai Ketua pihaknya berharap kedepan Perpit bisa berperan aktif agar bisa menjadi alternatif solusi bagi agenda-agenda pembangunan, kedaerahan, dan kepemudaan di kabupaten Tolitoli." Dengan lebih dulu Membangun sinergitas dengan pemerintah daerah. Mengingat pelajar dan mahasiswa yang berada di luar Tolitoli merupakan aset daerah dalam hal pengembangan SDM yang harus di jaga dan di jamin kesejahtraannya. Maka dibutuhkan kerja sama dari pihak pemerintah," jelasnya.***(tim)

Tolitoli, lensaangkasanews.com - Pada masa pandemi sekarang ini,anak sangat rentan tertular virus covid-19 karena anak-anak belum paham terhadap virus atau penyakit menular,oleh sebab itu Pelka anak sinode Gereja Protestan Indonesia di Buol Tolitoli (GPIBT) Jemaat Imanuel melakukan ibadah tasik sekalugus penyuluhan terhadap penularan Corona Virus Desease 2019 +Covid-19.

Edukasi dan penyuluhan di sampaikan oleh kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Tolitoli Arham A. Jacub, SH selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli tentang pencegahan _Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)_ di hadapan Pelayanan Kategori (Pelka) Anak Gereja Protestan Indonesia di Buol Tolitoli (GPIBT) Jemaat Imanuel Tolitoli. 

 Edukasi dan penyuluhan itu diberikan usai pelaksanaan Ibadah Tasik yang digelar di Pantai Doiyan Desa Ogomoli Kecamatan Galang pada Sabtu siang (18/7).

Dihadapan anak-anak dan sejumlah orang tua yang hadir, Arham menjelaskan bahwa Covid-19 yang penularannya melalui _droplets_ atau percikan batuk atau bersin ditandai dengan munculnya gejala batuk pilek, flu, demam dan gangguan pernapasan, namun ada juga yang tidak nampak gejalanya, dan dalam kondisi parah bisa menyebabkan gagal napas dan berakhir pada kematian.

Untuk melawan virus ini kata Arham, hal utama yang perlu dilakukan adalah melakukan tindakan pencegahan seperti sering cuci tangan pakai sabun, menerapkan etika batuk dan selalu pakai masker, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga jarak dan hindari kerumunan.

Arham juga menjelaskan saat ini kita masuk pada fase _New Normal_ yang dinarasikan menjadi _Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)_ dengan maksud agar kita bisa bekerja, belajar dan beraktivitas dengan produktif di era Pandemi Covid-19.

Sementara itu, materi penyuluhan tentang penularan Covid-19 secara detil juga disampaikan oleh tenaga kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Mokopido Tolitoli Pnt Fortinando Manumpil, A.Md.Kes.

Fortinando Manumpil mengatakan, Kegiatan yang bertajuk Ibadah Tasik diikuti lebih dari 50 orang peserta terdiri dari anak, orang tua dan pelayan anak.***(tim)

Tolitoli, lensaangkasanews.com - Organisaai sosial G-5000 yang berdomisili di Kabupaten Tolitoli membuat aksi di lokasih taman kota GMB,aksi pengumpulan dana bertujuan membantu beberapa daerah di Sulawesi yang terkena bencana banjir ini di harapkan bisa menggugah hati para donatur.

Prana Jaya Rais koordinator G-5000 kepada wartawan lensaangkasanews.com di lokasih yang terletak pada pintu utama Taman Kota GMB Tolitoli mengatakan, kegiatan ini kami lakukan karena rasa terpanggil untuk membantu saudarah-saudarah kita yang tertimpah bencana banjir di beberapa daerah yang ada di Pulau Sulawesi,termasuk di Kabupaten Tolitoli.

Menurut Ambo Umang sapaan akrab Prana Jaya,pengumpulan dana ini kami buka selama dua malam,mulai Jumat malam 17/7 sampai Sabtu malam 18/7,kegiatan di sponsori oleh Solidaritas Musisi Artis Tolitoli (SMART) dan DPD LSM Giak Sulawesih tengah.

Sumbangan yang terkumpul akan kami salurkan ke Kabupaten Luwu Utara Kecamatan Masamba Provinsi Sulawesi Selatan dan beberapa desa di kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah jelasnya.

Menurut Prana Jaya,kegiatan pengumpulan dana dihibur oleh para Musisi dan Artis Tolitoli,namak turut ambil bagian pada kegiatan malam dana,ketua LSM Giak Hendri Lamo juga terlihat Sukirman salah satu pengurus SMART serta beberapa pegiat sosial di daerah ini.***(V.Heidemans)

Halaman 1 dari 82

Terkini Nasional


Warning: file_get_contents(): http:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0 in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=https://lensaangkasanews.com/index.php/berita/nasional/item/601-presiden-berharap-media-arus-utama-pertahankan-misi-pencari-kebenaran): failed to open stream: no suitable wrapper could be found in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(): http:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0 in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=https://lensaangkasanews.com/index.php/berita/nasional/item/546-presiden-ri-menerima-pengurus-apkasi-bupati-banggai-yerwin-yatim-juga-hadir-di-dalamnya): failed to open stream: no suitable wrapper could be found in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(): http:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0 in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=https://lensaangkasanews.com/index.php/berita/nasional/item/437-olah-raga-mampu-mempersatukan-semua-perbedaan): failed to open stream: no suitable wrapper could be found in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(): http:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0 in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=https://lensaangkasanews.com/index.php/berita/nasional/item/431-menpar-arief-yahya-dukung-festival-biak-munara-wampasi): failed to open stream: no suitable wrapper could be found in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(): http:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0 in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=https://lensaangkasanews.com/index.php/berita/nasional/item/413-kapuspen-kemendagri-kepala-daerah-menurut-uu-pemilu-boleh-ikut-kampanye): failed to open stream: no suitable wrapper could be found in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895
© 2018 Lensaangkasa.com. All Rights Reserved.
Salin cuplikan kode