hpn2020
Disaring berdasarkan tanggal: Juli 2020 - Lensaangkasa.com

Tolitoli, lensaangkasanewscom - Setelah terjadi kekosongan jabatan pada tingkat eselon II.b di Kabupaten Tolitoli,maka Pemerintah Daerah melakukan seleksi jabatan terbuka untuk mengisih beberapa jabatan yang kosong.

Kepala bagian Prokopim setdakab Tolitoli Arham A Jakub mengatakan lewat rilisnya,Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli kembali akan melakukan Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) setingkat Eselon II.b yang tahapannya akan dimulai pada tangal 24 Juli 2020. 

Hal itu menurut Arham tertuang dalam pengumuman Nomor : 800/04.07/Pansel/2020 tertanggal 23 Juli 2020 yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si selaku Ketua Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Tolitol.

Ia juga menyampaikan,Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli yang akan diisi melalui seleksi terbuka ini masing-masing Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Dinas Transmigrasi, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Kepala Dinas Kesehatan serta Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan.

Sejumlah persyaratan harus dipenuhi oleh calon pelamar selain berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil juga beberapa syarat lain di antaranya sekurang-kurangnya berpangkat Pembina Golongan Ruang IV/a, sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator Eselon III.a paling singkat 2 Tahun atau Jabatan Administrator Eselon III.b paling singkat 3 tahun dan Jabatan Fungsional jenjang Ahli Madya paling singkat 2 tahun, berusia setinggi-tingginya 56 Tahun 0 Hari, kualifikasi pendidikan minimal sarjana strata-1 (S1) atau Diploma IV (D.IV), telah lulus Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat III (Diklat PIM Tk.III) dan diutamakan telah mengikuti Diklat PIM TK.II. jelas Arham.

Pengumuman tentang Seleksi terbuka ini menurutnya dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli setelah menerima surat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri Nomor : 800/3222/OTDA tanggal 23 Juni 2020 perihal persetujuan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tolitoli.

Panitia seleksi akan melakukan tes kompetensi terhadap seluruh peserta yang memenuhi persyaratan administrasi dengan tahapan kompetensi manajerial dengan menggunakan metode assesment center dan/atau wawancara, kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan jabatan yang diisi dengan menggunakan metode tertulis dan/atau wawancara serta kompetensi sosial kultural yang diisi dengan menggunakan metode tertulis dan/atau wawancara.

Rencananya Assesmen Kompetensi akan dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus sampai dengan 8 Agustus 2020, penulisan makalah akan dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2020, penetapan 3 besar hasil seleksi tanggal 14 Agustus 2020 dan Penyampaian Hasil Penilaian Kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Kabupaten Tolitoli pada tanggal 21 Agustus 2020.

Diterbitkan di Daerah

Foto : ketua gugus tugas percepatan penanganan  Covid-19 Kabupaten Tolitoli Arham A.Jakub

 

Tolitoli, lensaangkasanews.com - Berdsasarkan hasil penelitian terhadap 8 (delapan) sampel swab di Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah yang dikirim oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli pada tanggal 16 Juli 2020 seluruhnya terkonfirmasi _*Negatif*_, termasuk di antaranya hasil swab dari 3 (tiga) orang pasien positif yang diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Mokopido Tolitoli.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Arham A.Jakub mengatakan,Ke tiga orang pasien positif Covid-19 yang telah di nyatakan negatif dan sudah di pulangkan yakni 1.Nurjannah (Pr 48 Thn); 2.Uzair Atjong (Lk 46 Thn); dan 3.Syafiah Azzahrah (Pr 8 Thn).

Dengan demikian kata Arham,pada hari ini, Rabu, 22 Juli 2020, Kabupaten Tolitoli telah dinyatakan _Nihil Covid-19_*. 

Kepada seluruh kerabat, sahabat serta warga di sekitar lingkungan sosialnya diharapkan dapat menerima ke 3 (tiga) orang yang telah dinyatakan sembuh tersebut sebagaimana mestinya untuk berinteraksi seperti biasa tegas Arham.

Ia mengatakan,meskipun sudah tidak ada lagi kasus suspek Covid-19 di Kabupaten Tolitoli, namun tidak tertutup kemungkinan ada kasus impor yang dibawa oleh orang-orang dari daerah lain yang masuk ke daerah kita.

Arham juga menjelaskan,kita semua sangat berpotensi untuk tertular. Virus Corona dapat bertransmisi melalui udara sehingga kita tidak bisa menebak arah pergerakan virus corona tersebut dan penularannya dapat terjadi tidak hanya dari orang yang sudah diketahui terinfeksi, tetapi juga dari orang yang tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Olehnya itu Arham menghimbau agar seluruh masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Gunakan masker bila berada di luar rumah dan membatasi jarak fisik bila berada dalam kerumunan serta rajin mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir tegas Arham.***(V.Heidemans)

Diterbitkan di Daerah

Tolitoli, lensaangkasanews.com - M.Rizki Alahajj resmi jabat ketua umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Pelajar Mahasiswa Tolitoli (PERPIT) periode 2020 - 2022. kepastian itu didapat setelah terpilih secara aklamasi pada kongres ke - 4 yang di gelar senin (20/7 2020) di Aual KNPI Tolitoli.

Kongres PERPIT ke -4 yang di hadiri oleh 7 delegasi di setiap cabang PERPIT diantaranya delegasi dari PERPIT Palu, Makassar, Manado, Malang, Jogjakarta, Jakarta dan Gorontalo, sempat berlangsung sengit, pasalnya poros dari PERPIT Jawa wolk out, namun setelah dilanjutakan sidang pleno akhirnya M.Riski Alhajj terpilih secara aklamasi.

Setelah dilakukan penetapan ketua terpilih, agenda dilanjutkan dengan serah terima jabatan secara simbolik, dari ketua umum demisioner Angga Budiman Lahaleke kepada M. Rizki Alhajj yang merupakan perwakilan Perpit cabang Gorontalo.

Ketua terpilih M Rizki Alhajj kepada media ini mengatakan PERPIT ini merupakan wadah bagi seluruh pelajar dan mahasiwa Tolitoli tersebar di seluruh Indonesia, dan saat ini PERPIT memiliki 7 cabang Palu, Makassar, Manado, Malang, Jakarta, Jogja, dan Gorontalo." Perpit ini merupakan sebuah wadah bagi seluruh pelajar dan mahasisiwa yang tersebar di seluruh Indonesia, dan selama ini baru 7 cabang PERPIT yang terbentuk, dan kedepannya akan membentuk PERPIT yang ada di daerah lain," pungkasnya.

Dengan terpilihnya sebagai Ketua pihaknya berharap kedepan Perpit bisa berperan aktif agar bisa menjadi alternatif solusi bagi agenda-agenda pembangunan, kedaerahan, dan kepemudaan di kabupaten Tolitoli." Dengan lebih dulu Membangun sinergitas dengan pemerintah daerah. Mengingat pelajar dan mahasiswa yang berada di luar Tolitoli merupakan aset daerah dalam hal pengembangan SDM yang harus di jaga dan di jamin kesejahtraannya. Maka dibutuhkan kerja sama dari pihak pemerintah," jelasnya.***(tim)

Diterbitkan di Daerah

Tolitoli, lensaangkasanews.com - Pada masa pandemi sekarang ini,anak sangat rentan tertular virus covid-19 karena anak-anak belum paham terhadap virus atau penyakit menular,oleh sebab itu Pelka anak sinode Gereja Protestan Indonesia di Buol Tolitoli (GPIBT) Jemaat Imanuel melakukan ibadah tasik sekalugus penyuluhan terhadap penularan Corona Virus Desease 2019 +Covid-19.

Edukasi dan penyuluhan di sampaikan oleh kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Tolitoli Arham A. Jacub, SH selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli tentang pencegahan _Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)_ di hadapan Pelayanan Kategori (Pelka) Anak Gereja Protestan Indonesia di Buol Tolitoli (GPIBT) Jemaat Imanuel Tolitoli. 

 Edukasi dan penyuluhan itu diberikan usai pelaksanaan Ibadah Tasik yang digelar di Pantai Doiyan Desa Ogomoli Kecamatan Galang pada Sabtu siang (18/7).

Dihadapan anak-anak dan sejumlah orang tua yang hadir, Arham menjelaskan bahwa Covid-19 yang penularannya melalui _droplets_ atau percikan batuk atau bersin ditandai dengan munculnya gejala batuk pilek, flu, demam dan gangguan pernapasan, namun ada juga yang tidak nampak gejalanya, dan dalam kondisi parah bisa menyebabkan gagal napas dan berakhir pada kematian.

Untuk melawan virus ini kata Arham, hal utama yang perlu dilakukan adalah melakukan tindakan pencegahan seperti sering cuci tangan pakai sabun, menerapkan etika batuk dan selalu pakai masker, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga jarak dan hindari kerumunan.

Arham juga menjelaskan saat ini kita masuk pada fase _New Normal_ yang dinarasikan menjadi _Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)_ dengan maksud agar kita bisa bekerja, belajar dan beraktivitas dengan produktif di era Pandemi Covid-19.

Sementara itu, materi penyuluhan tentang penularan Covid-19 secara detil juga disampaikan oleh tenaga kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Mokopido Tolitoli Pnt Fortinando Manumpil, A.Md.Kes.

Fortinando Manumpil mengatakan, Kegiatan yang bertajuk Ibadah Tasik diikuti lebih dari 50 orang peserta terdiri dari anak, orang tua dan pelayan anak.***(tim)

Diterbitkan di Daerah

Tolitoli, lensaangkasanews.com - Organisaai sosial G-5000 yang berdomisili di Kabupaten Tolitoli membuat aksi di lokasih taman kota GMB,aksi pengumpulan dana bertujuan membantu beberapa daerah di Sulawesi yang terkena bencana banjir ini di harapkan bisa menggugah hati para donatur.

Prana Jaya Rais koordinator G-5000 kepada wartawan lensaangkasanews.com di lokasih yang terletak pada pintu utama Taman Kota GMB Tolitoli mengatakan, kegiatan ini kami lakukan karena rasa terpanggil untuk membantu saudarah-saudarah kita yang tertimpah bencana banjir di beberapa daerah yang ada di Pulau Sulawesi,termasuk di Kabupaten Tolitoli.

Menurut Ambo Umang sapaan akrab Prana Jaya,pengumpulan dana ini kami buka selama dua malam,mulai Jumat malam 17/7 sampai Sabtu malam 18/7,kegiatan di sponsori oleh Solidaritas Musisi Artis Tolitoli (SMART) dan DPD LSM Giak Sulawesih tengah.

Sumbangan yang terkumpul akan kami salurkan ke Kabupaten Luwu Utara Kecamatan Masamba Provinsi Sulawesi Selatan dan beberapa desa di kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah jelasnya.

Menurut Prana Jaya,kegiatan pengumpulan dana dihibur oleh para Musisi dan Artis Tolitoli,namak turut ambil bagian pada kegiatan malam dana,ketua LSM Giak Hendri Lamo juga terlihat Sukirman salah satu pengurus SMART serta beberapa pegiat sosial di daerah ini.***(V.Heidemans)

Diterbitkan di Daerah

TOLITOLI , Pemerintah Kabupaten Tolitoli melalui Dinas Pekerjaan Umum Dan penataan Ruang ( PUPR ) Kabupaten tolitoli , mulai menjalankan Program Bupati Tolitoli yang sempat terpending akibat bencana Nasional Merebaknya Virus Corona Covid - 19, dalam hal mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan jalan Kelilling Kelurahan Nalu dan jalan samratulangi kecamatan Baolan .

Hal itu dikatakan, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Saifuddin di Rung kerjanya Rabu ( 15/7/2020 ). 

Ia mengatakan jalan yang ada di Nalu dan jalan Sam Ratulangi di Kelurahan Tuwelei akhirnya akan di kerjakan tahun ini juga,walaupun tidak maksimal bisa rampung keseluruhan namun bisa di minimalisir kerusakannya,sudah bisah sedikit mengatasi permasalahan masyarakat.

Menurutnya,rencana perbaikan jalan di dua tempat itu sudah memasuki proses tender,dalam waktu dekat sudah ada pemenang tender,setelah itu kami akan buat kontrak kerja dengan perusahaan pemenang tender.

Saifuddin menjelaskan,jalan di kelurahan Nalu anggarannya baru sampai pada pengaspalan,untuk alat kelengkapan jalan seperti drainase,ada juga beberapa deker belum bisa di laksanakan,karena anggaran yang sudah di siapkan pada perencanaan awal terpangkas akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Kami akan usahakan anggaran untuk kelengkapan jalan di kelurahan Nalu pada tahun depan tegas Saifuddin.

Begitu juga dengan jalan Sam Ratulangi,yang bisa di lakukan pengaspalan baru 50 persen,Saifuddin berharap masyarakat pengguna jalan Sam Ratulangi bisa mengerti,ini bukan di sengaja tetapi anggaran yang sudah di siapkan hilang dengan adanya pandemi covid-19,sehingga kami harus hitung kembali anggaran yang tersisah hasilnya bisa di lakukan pengaspalan walaupun baru 50 persen.

Kami berupaya sisa pengaspalan 50% akan rampung pada anggaran tahun berikutnya di 2021 jelas kabid Binamarga.***(venus)

Diterbitkan di Daerah
Selasa, 14 Juli 2020 11:02

Hari Adhyaksa Ke-60

Mengucapkan Selamat Hari Adhyaksa ke-60 

Nurdin Y. Kunoli, S.Si.T.,M.A.P Kepala Kantor Pertanahan Kab. Tolitoli

 

 

 

 

 

Diterbitkan di Iklan covid

Tolitoli, lensaangkasanews.com - Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli Arham A.Jacub,SH menyampaikan beberapa hal penting kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Tolitoli mengenai penanganan Covid-19 di daerah ini.

Menurut Arham sampai dengan saat ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli masih ada dan masih tetap melaksanakan tugas-tugas pencegahan penyebaran Covid-19.

Ia mengatakan hal ini penting disampaikan untuk menepis anggapan sebagian masyarakat yang mengira bahwa Gugus Tugas telah dibubarkan.

Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan terhadap sampel swab yang dikirim oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli pada Tanggal 30 Juni 2020, dari 6 orang pasien Positif Covid-19, 1 (satu) orang di antaranya telah dinyatakan sembuh jelas Arham.

Arham mengatakan, pasien yang sembuh atas nama Ummul Khairiyah dari Kecamatan Dondo,sedangkan 5 (lima) orang lagi masih _*terkonfirmasi positif Covid-19*_.Ke 5 (lima) Pasien tersebut seluruhnya dari wilayah kerja Puskesmas Tinabogan Kecamatan Dondo.

Dari lima orang pasien yang masih terkonfirmasih positif covid-19, 3 (tiga) orang masing-masing Perempuan (48 thn),Laki-Laki (46 thn),Perempuan ( 8 thn) di rawat di Rumah Sakit Umum Mokopido Toliroli Sedangkan satu orang lainnya menjalani isolasi di Puskesmas Tinabogan perempuan (30 thn) dan yang satu lagi menjalani Isolasi mandiri di kamar khusus di rumahnya Laki-laki (40 thn).

Meskipun saat ini kita berada pada era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) kata Arham, seluruh masyarakat khususya di Kabupaten Tolitoli harus tetap mewaspadai penyebaran serta penularan Covid-19.

Selain itu menurut ketua gugus tugas, harus tetap rajin cuci tangan, selalu jaga jarak dan sering menggunakan masker, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga daya tahan tubuh.

Menurutnya daya tahan tubuh benar-benar menjadi kekuatan yang bisa dipakai untuk melawan Covid-19, mengingat hingga saat ini belum ditemukan vaksin yang bisa menyembuhkan Covid-19.

Salah satu upaya menjaga daya tahan tubuh, bisa ditempuh dengan mengkonsumsi ramuan herbal, semisal jamu. Sebab, jamu dapat membantu menjaga dan memperkuat daya tahan tubuh pungkas Arham.***(Venus)

Diterbitkan di Daerah

Foto : ketua PWI Sulawesi Tengah Mahmud Matangara

 

TOLITOLI,lensaangkasanews.com - Marzuki salah satu Wartawan Media Online Sultengterkini.Com menerima Mandat dari Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tengah, untuk menahkodai PWI Kabupaten Tolitoli. 

Ketua PWI Sulteng Mahmud Matangara membenarkan hal tersebut."Iya benar, kami sudah memberikan Mandat kepada Marzuki untuk lebih mengaktifkan PWI di Tolitoli, yang akhir -akhir ini fakum," kata Mahmud, Rabu.

Dia menilai, Marzuki layak Dan memenuhi persyaratannya untuk memegang mandat Ketua PWI Tolitoli.

"Marzuki sudah terdaftar sebagai anggota PWI, sudah memegang Sertifikat Uji Kompetensi Wartawan dan namanya sudah terdaftar Di Dewan pers, sehingga kami nilai sangat kompeten dan layak menerima Mandat Sebagai Ketua PWI Tolitoli," akunya.

Sesuai Mandat nomor 138/PW-ST/2020, diminta kepada Marzuki untuk menyiapkan Sarana prasarana berupa kantor PWI Tolitoli, merekrut anggota baru PWI untuk di usulkan ke PWI Sulteng sebagai anggota muda, mengadakan Pelatihan Jurnalis menyongsong UKW di Kabupaten Tolitoli dan melakukan hubungan koordinasi Dan kemitraan dengan pemerintah daerah, Polres Tolitoli, Kejaksaan, Swasta dan komponen masyarakat.

"Saya berharap, kepada saudara Marzuki, dapat melaksanakan tugas dengan penuh amanah," harapnya.***(Venus)

Diterbitkan di Daerah

Terkini Nasional

© 2018 Lensaangkasa.com. All Rights Reserved.
Salin cuplikan kode Share on Facebook Share on Twitter Share on Google+