hpn2020

Disaring berdasarkan tanggal: Oktober 2020

Tolitoli, lensaangkasanews.com -  Di hari Ulang Tahun PT Meratus Line ke-63, perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran tersebut menggandeng Pol Sub Sektor Pelabuhan Dede membagikan paket sembako kepada masyarakat nelayan.

Sebanyak75paket sembako di beri kepada yang sedang melaut ( Mancing ) di perairan sekitar pelabuhan dede kabupaten Tolitoli ,"terang Ipda Bambang HR, kepada media Insulteng Rabu ,( 28/10 ).

Pantauan Media di lapangan Penyaluran sembako di pimpin langsung oleh Ipda Bambang HR yang di dampingi personil polsubsektor pelabuhan dengan menggunakan speed boat dan kapal patroli milik Polsubsektor KP3 pelabuhan Dede Tolitoli.

Kapolsek sub sektor pelabuhan Ipda Bambang mengatakan , bantuan ini ditujukan bagi warga kurang mampu terdampak Covid-19 yang sebelumnya telah didata.

“Ini merupakan amanah dari PT Meratus, jadi kita harapkan bantuan ini dapat membantu warga yang kesulitan akibat dampak dari Pandemi Covid-19,” ujar Bambang.***(sahar)

Diterbitkan di Daerah
Sabtu, 24 Oktober 2020 07:52

PT Sonokeling

Tolitoli, lensaangkasanews.com - Diduga Manipulasi HGU, Ribuan Petani Plasma Gugat PT. Sono Keling Buana Ke Pengdilan Negeri (PN) Tolitoli. Ribuan Petani Plasma menggugat PT.Sono Keling Buana ke Pengadilan Negeri Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah (21-10-2020). PT. Sono keling buana adalah salah satu perusahaan kelapa sawit yang telah masuk ke Tolitoli sejak tahun 2013 lalu, perwakilan petani plasma Moh Yahya Bantilan mengatakan perusahaan telah mengabaikan hak ribuan warga yang memiliki lahan plasma di desa Oyom kecamatan Lampasio. Menurutnya, lahan plasma milik warga seluas 6.000 hektare dari tahun 2018 sama sekali belum menerima hasil plasma yang dijanjikan oleh Sono Keling, dimana ditahun tersebut pihak perusahaan diketahui telah memanen hasil Tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. "Saya selaku ketua pemuda persatuan peduli adat dan sekaligus mewakili warga petani plasma menuntut hak-hak kami kepada Sono keling buana untuk itu kami bersama tim kuasa hukum secara resmi menggugat pihak perusahaan ke Pengadilan Negeri"kata Moh.Yahya Bantilan kepada suaraindonesia.co.id (23-10-2020). Padahal, Sono keling diawal debutnya tahun 2013 telah diberi kepercayaan oleh masyarakat di desa Oyom untuk menggarap lahan warga yang sudah memiliki SKPT guna melengkapi kuota persyaratan untuk mendapatkan sertivikat Hak guna usha (HGU) seluas 16.000 hektare. Fadli Anan, SH., MH, selaku kuasa hukum menuturkan, pihaknya telah dipercayakan oleh petani plasma untuk mengawal kasus perdata tersebut sejak tahun 2018 melakukan investigasi, dan menemukan fakta bahwa pihak perusahaan Sono Keling pernah mendarat di desa Oyom dengan Helikopter untuk bertemu warga. Dari pertemuan yang difasilitasi oleh aparat desa dan kecamatan Lanjut Fadli, Sono keling berjanji akan memberikan bagi hasil 60 persen perusahaan dan 40 untuk petani plasma. "Awal pertemuan yang harmonis, masyarakat saat itu percaya janji manis perusahaan tapi kenyataan janji itu tidak direalisasi oleh perusahaan"ujar Fadli. Tidak sampai disitu, PT. Sono keling buana diduga melakukan trik manipulasi atas HGU 16.000 hektare berdiri diwilayah Kabupaten Buol sementara pihak perusahaan melakukan aktivitas sawit di desa Oyom di Kabupaten Tolitoli. "Secara yuridis sertivikat HGU 16.000 hektare itu diwilayah Buol, tetapi secara defacto mereka mengelola sawit dilahan warga di desa Oyom, ini pembodohan namanya"katanya. Sejumlah fakta mengejutkan lainnya pun terungkap, dalam percarian bukti tim kuasa hukum menemukan kejanggalan dimana Wakil Bupati Kabupaten Buol Abdullah Batalipu kepada Fadli Anan mengatakan bahwa PT.Sono Keling Buana sejak 2014 silam sudah tidak diberi akses oleh Pemerintah setempat. Untuk itu, tim kuasa hukum ribuan petani plasma telah mengajukan gugatan ke PN Tolitoli dengan nomor register 25, sembari menunggu proses selanjutnya, pihaknya juga telah melakukan penelusuran ke Kemendagri terkait batas wilayah antara Kabupaten Buol dan Tolitoli. (Arya)

Diterbitkan di Daerah

Tolitoli, lensaangkasanews.com - Visi Misi dan Program Amanah Besar untuk bidang pendidikan, nantinya akan disinergikan dengan visi pendidikan nasional.itu, disampaikan Cawabup Amanah Besar Moh.Besar Bantilan kepada sejumlah wartawan dikediamannya di tolitoli, kamis (15/10/2020).

“Karenanya kedepan, kita akan dukung sepenuhnya Program Nasional Revolusi Karakter Bangsa dengan mengedepankan aspek kepribadian lokal,” tukas Esar Bantilan.

Menurutnya, penataan kembali kurikulum pendidikan nasional harus terus didukung, dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, nilai- nilai patriotisme, semangat bela negara.

“Pendikan dasar budi pekerti, akan kita canangkan sebagai program wajib untuk pemantapan karakter dan kepribadian lokal, ” tukasnya.

Soal lain yang menjadi fokus perhatian, kata Moh.Bantilan, soal budaya dan bahasa daerah yang harus masuk dalam kurikulum pendidikan muatan lokal.

“Adik-adik kita, para siswa, harus terus di didik untuk cinta terhadap budaya dan bahasa daerah, itu akan jadi perhatian,” ujarnya.

Seiring dengan itu, dirinya juga mempertegas komitmen Pasangan Amanah Besar terkait kualitas dan tingkat kesejahteraan guru, termasuk guru PAUD/TK.

“Kualitas dan tingkat kesejahteraan guru, termasuk guru Paud dan TK harus jadi fokus perhatian,” tegasnya.

Karena itu kedepan, Pemerintah Daerah harus dapat memberikan jaminan hidup yang memadai bagi para guru, terutama yang bertugas di daerah terpencil dengan memberikan suport tunjangan fungsional yang lebih memadai, dukungan fasilitas yang memadai dalam rangka pengembangan keilmuwan serta promosi kepangkatan dan karier.

“Kebijakan pemerataan fasilitas pendidikan diseluruh wilayah kecamatan dan desa harus terus dilakukan, terutama dikawasan atau wilayah yang teridentifikasi masih sangat rendah tingkat pelayanan pendidikannya,” nilainya.

Menurut Moh. Besar Bantilan, dirinya mencermati dan mendalami terkait soal masalah pendidikan di tolitoli, makanya dalam soal rekruitmen dan distribusi guru, kedepan akan dilakukan secara adil dan merata dengan tetap memperhatikan kualitasnya.

Hal nyata yang akan dilakukan untuk kepentingan dunia pendidikan di tolitoli, dengan mencanangkan Gerakan Gotong Royong, agar tidak boleh. ada lagi warga masyarakat usia sekolah yang tidak sekolah karena alasan biaya.

Untuk warga pra sejahtera (miskin-red) berprestasi akan diberikan akses dan kemudahan untuk dapatkan jaminan pendidikan tinggi melalui jalur beasiswa atau bantuan pendidikan melalui suport dana APBD.

“Kita akan membuka akses dan kemudahan bagi masyarakat miskin untuk dapatkan jaminan lanjutan pendidikan tinggi, karenanya selain disiapkan kebijakan beasiswa atau bantuan pendidikan, akan didorong kemitraan dengan sejumlah Perguruan Tinggi,” tandasnya.

"Upaya pemda kedepan untuk memberikan perhatian serius terhadap kesejahteraan guru, juga nantinya akan dipertegas komitmen kebijakan, agar tidak ada lagi pungutan-pungutan yang membebani siswa, terutama setiap memasuki masa tahun ajaran baru (tim).

Diterbitkan di Daerah

TOLITOLI - Pasangan AMANAH BESAR akan memberikan perhatian serius terhadap harga komoditi cengkeh yang terus merosot.

Penegasan ini disampaikan langsung kandidat Bupati Amanah Besar Amran H. Yahya kepada sejumlah wartawan di tolitoli, selasa (13/10/2020). Amran mengatakan dirinya yang berlatar belakang orang desa dan pernah terlibat secara langsung sebagai pelaku (petani) usaha persawahan dan perkebunan mengaku sangat memahami jiwa dan perasaan petani.

"Saya paham, saya mengerti jiwa dan perasaan petani, saya tau apa yang menjadi kebutuhan dan harapan-harapan petani tolitoli," ucap Amran.

Karena itu, terkait komitmen untuk kesejahteraan petani cengkeh, Amanah Besar telah menyiapkan rencana program dan strategi kebijakan yang akan dilakukan, sesuai dengan batas kemampuan keuangan daerah, dan batas kewenangan pemerintah daerah.

Misalnya pengaturan tataniaga cengkeh sepenuhnya itu kewenangan pemerintah pusat bersama Gabungan Pengusaha Pabrik Rokok. Karenanya, kedepan upaya membantu kesejahteraan petani cengkeh akan dililakukan Amanah Besar, melalui program, sebagai berikut :

1. Menekan biaya produksi dengan program subsidi pupuk dan peningkatan volume Pembangunan infrastruktur jalan usaha perkebunan cengkeh dengan pola gotong royong.

2. Membuka ruang tersedianya pasar penjualan komoditi cengkeh untuk kebutuhan rempah2, obat2an dan kosmetik.

3. Menyiapkan dukungan program bibit tanaman antara jangka pendek diseluruh perkebunan cengkeh di tolitoli.

4. Membangun komunikasi aktif dengan Perusahaan rokok termasuk perwakilan perusahaan rokok di tolitoli, juga untuk kepentingan menekan biaya produksi petani cengkeh.

5. Membentuk Dewan Percengkehan Daerah, yang merupakan wadah masyarakat dan kemitraaan strategis tripatit (Perwakilan Petani, Perwakilan Perusahaan Rokok dan Pemerintah).

6. Melakukan komunikasi dan memberikan usul dan saran ke pemerintah pusat, agar dapat meminta, gabungan pengusaha/pabrik rokok untuk menetapkan harga pembelian cengkeh minimum ditingkat petani.

Menurut Amran,enam strategi kebijakan untuk kesejahteraan petani cengkeh itu, dirumuskan secara terukur oleh tim, dengan mempertimbangkan kemampuan dan kewenangan Pemerintah Daerah dan keinginan dan harapan dikalangan petani cengkeh.***(tim)

Diterbitkan di Daerah

Foto persiapan penguburan di pemakaman yang sudah disiapkan

 

lensaangkasanews.com - Pasien Covid-19 ke 23 yang dirawat di Rumah Sakit Mokopido Tolitoli meninggal dunia pada hari minggu tanggal 11 Oktober pukul 18.33 wita.

Pasien tersebut inisial A laki-laki umur 47 tahun alamat kelurahan Tuweley,dengan demikian dari 4 orang pasien yang berada di RSU Mokopido kini tersisa 3 orang.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli Arham A.Jakub mengatakan,almarhum dari awal masuk RSU Mokopido memang sudah sakit,setelah di ambil sampel swab hasilnya positif.

Ia juga menyampaikan, semoga Arwah almarhum mendapat tempat yang layak disisi Allah SWT dan keluarga yang di tinggalkan di beri kesabaran.

Untuk kesekian kalinya Arham selaku juru bicara menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar secara sadar dan mandiri patuh pada protokol kesehatan.

Dengan membiasakan diri untuk hidup sehat,berarti kita semua bisa menjaga ketahanan tubuh agar terhindar dari serangan virus Covid-19 tegas Arham.***(Venus)

Diterbitkan di Daerah

Foto Ketua DPD PAN Tolitoli Alek Bantilan duduk bersama relawan Sabar Tolitoli,

lensaangkasanews.com - Kerja nyata untuk Masyarakat dari relawan SABAR, di Kelurahan Baru Baolan hari ini minggu (11/10) berlanjut.

Tak terkecuali Ketua Partai Amanah Nasional (PAN), Tolitoli H.Moh Saleh Bantilan pun ikut turun.

Alek Bantilan sapaan Moh Saleh Bantilan ikut berbaur dengan relawan, yang hari ini masih sekitar Kelurahan Baru, Baolan.

Ketua relawan SABAR Japto Suryo Saputro Bantilan, menggagas also Poging I I terkait adanya usulan warga masyarakat setempat.

"Aksi Sosial melakukan Poging, merupakan permintaan masyarakat yang kuatir di Lingkungan mereka ada henrik nyamuk," tegas Japto.

Mengenai kehadiran Ketua PAN yang Juga Bupati Tolitoli, Karena hari ini libur kantor maka diapun menyempatkan diri melihat masyarakatnya.

Kepada warga Alek Bantilan berpesan, agar selalu menjaga kebersihan terutama tidak membiarkan air tergenang.Sebab, genangan air bisa menjadi media bersarangnya henrik nyamuk.

Selain pesan menjaga Lingkungan bersih dari nyamuk, Alek Juga minta agar masyarakat menyikapi himbauan pemerintah dalam hal pandemic Covid-19. "Mari selalu melakukan protokol kesehatan, jaga jarak, selalu mencuci tangan pakai sabun dan menggunakan masker," kata Alek Bantilan.

Terkait dukungan politik PAN kedepan, Alek mengaku agar masyarakat mau berpartisipasi dalam Pilkada ke pasangan nomor urut 3.***(tim)

Diterbitkan di Daerah

Tolitoli, lensaangkasanews.com - Tim Sabar dari Amanah Besar calon bupati nomor 3 kembali kerja nyata membantu kesehatan masyarakat dengan melakukan penyemprotan (poging) untuk membasmi nyamuk.

Kegiatan dilakukan pada hari Sabtu di komplex kampung pajala Kelurahan Baru,Kabupaten Tolitoli,Provinsi Sulawesi Tengah.

Aksi sosial ini di lakukan atas permintaan masyarakat kepada kandidat calon bupati Amanah Besar,karena kesehatan adalah salah satu program utamanya.

Yoli Rahim anggota tim relawan Sabar dari Amanah Besar mengatakan,kami dari tim Sahabat Amanah Besar (Sabar) melakukan ini atas permintaan masyarakat ke Kandidat,tujuannya agar wilayah yang kami poging bisa terbebas dari serangan penyakit malaria dan demam berdarah.

Penyemprotan di satu wilayah kami bagi tiga tim supaya di keroyok agar sarang nyamuk tidak sempat berpindah tempat ungkap Yoli.***(VH)

Diterbitkan di Daerah

Tolitoli, lensaangkasanews.com - Rombongan Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tolitoli mengadakan kunjungan kerja dalam rangka penyerahan bantuan buku dari perpustakaan Nasional kepada warga binaas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelalas II B Tolitoli di sambut oleh kepala Lapas Gamal Bardi dan sta pada kamis 5/10.

Menurut Gamal Bardi dengan adanya bantuan buku tersebut semua warga binaan Lapas bisa merasakan manfaat dan akan mendapatkan pengetahuan baru.

Penyerahan bantuan Buku di lakukan oleh kepala bidang pengembangan perpustakaan dan kebudayaan kegemaran membaca provinsi Sulawesi tengah , DR.Rohani mastura.

Harapan dari kabid, rohani kepada warga binaan Lapas Kls II B yakni, dengan adanya bantuan Buku tersebut maka warga binaan khususnya binaan wanita bisa lebih membentuk kepribadian yang baik dengan memperbanyak membaca.

Sebagai kepala Lapas Gamal Badri, sangat bersyukur dan mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada perpustakaan Nasional yang sudah perduli memberikan bantuan buku buat warga binaan Lapas IIB Tolitoli.

Karna dengan membaca kata Gamal warga binaan bisa mendapatkan pencerahan, pengetahuan dan keterampilan baru dalam bentuk kepribadian diri yang lebih baik dalam pembentukan karakter untuk warga binaan tentunya.

Ia juga mengatakan dengan memperbanyak membaca buku maka pemahaman akan kepribadian terutama dalam keseharian warga binaan bisa terisi dengan hal-hal yang positif.

Warga binaan di dalam lapas merespon bantuan buku yang mereka terima dan warga binaan sangat berterimakasih atas bantuan tersebut dengan bantuan ini mereka bisa banyak mendapatkan pengetahuan baru terlebih pada pembentukan kepribadian yang lebih baik kedepan nya ungkap Gamal.

Dalam kunjungan kali ini Kabid Rohani mengatakan jika nantinya lapas masih membutuhkan koleksi buku-buku maka bisa menyurat ke perpustakaan provinsi Sulawesi tengah.***(Wanna)

Diterbitkan di Daerah

Tolitoli, lensaangkasanews.com - Aksi demo turun kejalan, mahasiswa di kabupaten tolitoli menyerukan penolakan penetapan UU cipta kerja Omnibus Law,, aksi tersebut diwarnai kericuhan pelemparan batu dari pihak mahasiswa dan penembakan peluru gas air mata dari pihak kepolisian.kamis 8 oktober 2020.

Ratusan mahasiswa memadati beberapa ruas jalan yang ada ditolitoli,sebelum mahasiswa memdatangi kantor DPRD Tolitoli terlebih dahulu mareka melakukam orasi di perempatan lampu merah tolitoli Jalan Usman binol, Kelurahan Baru Kecematan Baolan Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah.

Mahasiswa berkumpul membentuk barisan guna menyampaikan aspirasi dalam menolak UU cipta kerja karna ada beberapa poin dalam UU cipta kerja menjadi kejanggalan sehingga mahasiswa mengambil langkah untuk melakukan aksi damai turun kejalan. Setelah melakukan aksi damai di perempatan lampu merah selanjutnya massa aksi bergerak menuju kantor DPRD kabupaten tolitoli, guna untuk menyeruakan Aspirasi mereka.

Tiba didepan kantor DPRD yang sudah di jaga ketat oleh pihak kepolisian yang di lengkapi dengan satu unit mobil water canon, sempat terjadi aksi saling dorong dengan pihak keamanan,karna mahasiswa ingin masuk dan meduduki gedung DPRD untuk bertemu langsung dengan ketua dan anggota DPRD guna membahas dan menyetujui UU cipta kerja ditolak.

Saat saling dorong terjadi antara mahasiswa dan pihak kepolisian sempat terjadi insiden dimana beberapa mahasiswi terjatuh diselokan.

Beberapa menit setelah Perwakilan dari masing masing Perguruan Tinggi melakukan negosiasi agar diperbolehkan masuk kedalam gedung DPRD tidak menemukan hasil, karna DPRD menginginkan hanya perwakilan 21 orang yg bisa masuk dalam gedung,namun mahasiswa lain tetap berada di luar gedung sehingga mahasiswa tidak menyetujui saran tersebut.

Namunpun demikian tiga perwakilan dari anggota DPRD keluar menemui mahasiswa, tapi mahasiswa bersih keras agar Ketua DPRD Randi Saputra yang menemui massa aksi.

Dalam aksi tersebut bentrokan antar mahasiswa dan pihak kepolisian sempat terjadi,yang mana mahasiswa ingin menerobos masuk kedalam gedung DPRD namun di halangi oleh pihak keamanan sehingga terjadi kericuhan.

Saling dorongpun terjadi mahasiswa mulai melakukan pelemparan batu dan memicu pihak kepolisian untuk membubarkan para demonsrtan dengan menembakan peluru gas air mata untuk membubarkan mahasiswa.

Penembakan gas air Mata menyebabakan puluhan mahasiswa, wartwan serta pihak kepolisian merasakan pedis dan perinya pada bagian Mata, 1 anggota Polisi terkena lemparan di bagian hidung dan langsung mendapatkan perawatan.

Aksi tersebut menyebabkan 8 mahasiswa mengalami cedera dan tiga mahasiswa dalam pengamanan pihak kepolisian yang selanjutnya akan di proses sesuwai peraturan yang berlaku.

Setelah kurang lebih 10 jam masa aksi menduduki jalan depan kantor DPRD,hasilnya beberapa anggota dewan sepakati permintaan masa aksi,dan akan membuat rekomendasi ke DPRD Provisi Sulawesi tengah.***(Wanna)

Diterbitkan di Daerah

Terkini Nasional


Warning: file_get_contents(): http:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0 in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=https://lensaangkasanews.com/index.php/berita/nasional/item/601-presiden-berharap-media-arus-utama-pertahankan-misi-pencari-kebenaran): failed to open stream: no suitable wrapper could be found in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(): http:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0 in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=https://lensaangkasanews.com/index.php/berita/nasional/item/546-presiden-ri-menerima-pengurus-apkasi-bupati-banggai-yerwin-yatim-juga-hadir-di-dalamnya): failed to open stream: no suitable wrapper could be found in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(): http:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0 in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=https://lensaangkasanews.com/index.php/berita/nasional/item/437-olah-raga-mampu-mempersatukan-semua-perbedaan): failed to open stream: no suitable wrapper could be found in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(): http:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0 in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=https://lensaangkasanews.com/index.php/berita/nasional/item/431-menpar-arief-yahya-dukung-festival-biak-munara-wampasi): failed to open stream: no suitable wrapper could be found in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(): http:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0 in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895

Warning: file_get_contents(http://graph.facebook.com/?ids=https://lensaangkasanews.com/index.php/berita/nasional/item/413-kapuspen-kemendagri-kepala-daerah-menurut-uu-pemilu-boleh-ikut-kampanye): failed to open stream: no suitable wrapper could be found in /home/lensaa01/lensaangkasanews.com/plugins/content/bt_socialshare/bt_socialshare.php on line 895
© 2018 Lensaangkasa.com. All Rights Reserved.
Salin cuplikan kode