hpn2020
Selasa, 13 Oktober 2020 04:23

Amanah Besar Luncurkan 6 Program Untuk Kesejahteraan Petani

Nilai butir ini
(0 pemilihan)

TOLITOLI - Pasangan AMANAH BESAR akan memberikan perhatian serius terhadap harga komoditi cengkeh yang terus merosot.

Penegasan ini disampaikan langsung kandidat Bupati Amanah Besar Amran H. Yahya kepada sejumlah wartawan di tolitoli, selasa (13/10/2020). Amran mengatakan dirinya yang berlatar belakang orang desa dan pernah terlibat secara langsung sebagai pelaku (petani) usaha persawahan dan perkebunan mengaku sangat memahami jiwa dan perasaan petani.

"Saya paham, saya mengerti jiwa dan perasaan petani, saya tau apa yang menjadi kebutuhan dan harapan-harapan petani tolitoli," ucap Amran.

Karena itu, terkait komitmen untuk kesejahteraan petani cengkeh, Amanah Besar telah menyiapkan rencana program dan strategi kebijakan yang akan dilakukan, sesuai dengan batas kemampuan keuangan daerah, dan batas kewenangan pemerintah daerah.

Misalnya pengaturan tataniaga cengkeh sepenuhnya itu kewenangan pemerintah pusat bersama Gabungan Pengusaha Pabrik Rokok. Karenanya, kedepan upaya membantu kesejahteraan petani cengkeh akan dililakukan Amanah Besar, melalui program, sebagai berikut :

1. Menekan biaya produksi dengan program subsidi pupuk dan peningkatan volume Pembangunan infrastruktur jalan usaha perkebunan cengkeh dengan pola gotong royong.

2. Membuka ruang tersedianya pasar penjualan komoditi cengkeh untuk kebutuhan rempah2, obat2an dan kosmetik.

3. Menyiapkan dukungan program bibit tanaman antara jangka pendek diseluruh perkebunan cengkeh di tolitoli.

4. Membangun komunikasi aktif dengan Perusahaan rokok termasuk perwakilan perusahaan rokok di tolitoli, juga untuk kepentingan menekan biaya produksi petani cengkeh.

5. Membentuk Dewan Percengkehan Daerah, yang merupakan wadah masyarakat dan kemitraaan strategis tripatit (Perwakilan Petani, Perwakilan Perusahaan Rokok dan Pemerintah).

6. Melakukan komunikasi dan memberikan usul dan saran ke pemerintah pusat, agar dapat meminta, gabungan pengusaha/pabrik rokok untuk menetapkan harga pembelian cengkeh minimum ditingkat petani.

Menurut Amran,enam strategi kebijakan untuk kesejahteraan petani cengkeh itu, dirumuskan secara terukur oleh tim, dengan mempertimbangkan kemampuan dan kewenangan Pemerintah Daerah dan keinginan dan harapan dikalangan petani cengkeh.***(tim)

Baca 475 kali
© 2018 Lensaangkasa.com. All Rights Reserved.
Salin cuplikan kode